Minggu, 13 April 2008

DRPD Akan Tinjau PT Duta Palma Nusantara

DRPD Akan Tinjau PT Duta Palma Nusantara

Pencemaran Sungai Kukok

TELUK KUANTAN-Komisi B dan C DPRD Kuansing menjadwalkan akan turun langsung ke PT Duta Palma Nusantara (PDN), Rabu (26/9) mendatang untuk menindak lanjuti dugaan pencemaran sungai Danau Kukok yang menyebabkan ribuan ikan mati di Kecamatan Inuman, Desa Pulau Sipan, Pulau Panjang Hulu dan Desa Pulau Panjang Hilir.
Ketua komisi C DPRD Kuansing, Elpius kepada wartawan, Jumat (21/9) mengatakan selain komisi B dan C yang akan meninjau PT PDN tersebut, juga dikuti Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta dinas/badan terkait, seperti BPIPDL dan Dinas Pertambangan. Peninjauan ini kata Epius untuk mencari data dan fakta dilapangan sesuai dengan keluhan masyarakat.
Selain itu, peninjauan ini juga untuk melihat secara langsung sistim pembuangan limbah PT Duta Palma dan kebijkan manajemennya dalam pengelolaan limbah. "Informasinya ada saluran siluman pada pembuangan limbah PDN itu yang menyebabkan terjadinya pencemaran. hal inilah yang perlu kita lihat kebenarannya," ujarnya.
Elpius juga mengatakan jika PT Duta Palma terbukti tidak mengindahkan tata cara pengolahan limbah, DPRD dan Pemkab Kuansing akan mengambil tindakan tegas seperti menghentikan operasinya. "Ini adalah kesempatan bagus karena memang selama ini PT Duta Palma tidak ada sumbangsihnya kepada daerah, jika pun ditutup tak ada ruginya bagi kita baik itu tenaga kerja maupun lainnya," ujarnya.
Bahkan Elpius mengatakan siap membawa masalah ini ke tingkat lebih tinggi seperti Kapolda bahkan Kapolri. Untuk diketahui, Rabu (29/8) lalu, warga menemukan ribuan ikan mati di permukaan Sungai Kuko tersebut. Menurut Camat Inuman Arlis S.Sos ketika itu, hasil penelusuran warga ikan-ikan yang mati tersebut memang disebabkan limbah PT Duta Palma Nusantara.(mad)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kelompok Advokasi Riau - KAR
Jl. Gabus. No. 39
Tangkerang Barat
Pekanbaru - Riau
Telp : +62812 680 3467
Fax : +62761 22545

Tidak ada komentar:

Kelompok advokasi Riau

Kelompok advokasi Riau
Rebut Alat-alat Produksi !